Mengirim Newsletter (Email massal) Magento 2

Newletter merupakan salah satu cara yang mudah bagi kita untuk berinteraksi dengan customer. Dengan newsletter kita bisa mengirim banyak email sekaligus ke customer kita. Kita bisa mengirim promosi, informasi atau pengumuman terbaru sekaligus. Namun tentu saja terbatas untuk customer yang sebelumnya sudah berlangganan newsletter ke website kita.

Menu newsletter ada di bagian dashboard > Communication, disana ada beberapa submenu. Newsletter template untuk mengelola template dari newsletter. Newsletter queue untuk melihat ‘antrian’ dalam proses pengiriman newsletter. Dan newsletter subscriber untuk melihat daftar subscriber dari newsletter kita.

tampilan sub menu marketing pada magento
tampilan sub menu marketing pada magento

Membuat Template Newsletter

Sebelum kita mulai mengirim newsletter, tentu kita harus memiliki template, isi dari newsletter kita. untuk itu kita harus masuk ke halaman Newsletter template untuk mengelola newsletter kita.

Untuk mulai membuat template baru kita klik add new template. Template yang kita buat nanti bisa digunakan berkali kali. Jadi jika kita ingin membuat newsletter berkali kali dengan template/tampilan yang sama tetapi dengan isi yang berbeda. Kita bisa mengantrikan template yang sudah sebelumnya dibuat.

Antrikan Newsletter

Setelah memiliki template, kita dapat mengantrikan newsletter kita. Kita kembali ke menu Newsletter templates. Lalu pada kolom actions, kita pilih Queue Newsletter

Kita pilih kapan sistem mengirim newsletter ini. misal kita bisa set nanti malam, maka newsletter akan mulai dikirim nanti malam.

Kita pilih juga store mana yang akan kita kirim newsletter pada form Subscribers from. Jangan lupa untuk mengecek form ini, atau newsletter anda tidak akan dikirim ke siapa siapa. Jika ingin memilih beberapa kita bisa memilih sambil menahan tombol ctrl.

Jangan lupa juga masukkan subject, sender name, sender email (biasanya sudah terisi otomatis). Lalu pada kolom message, kita bisa mengedit isi email kita sebelum dikirim kepada customer.

Setelah semua terisi, pastikan semua informasi benar. Jika sudah ok kita klik save newsletter. Lalu kita tunggu newsletter diterima oleh customer (sesuai waktu queue yang kita inputkan sebelumnya).

Email tidak dikirim walaupun sudah jadwalnya?

  1. Pastikan pengaturan smtp di magento anda sudah benar.
  2. Pastikan cronjob magento sudah ditambahkan ke crontab anda. jika belum, tambahkan
 * * * * * <path php> <path magento>/bin/magento cron:run | grep -v "Ran jobs by schedule" >> <path magento>/var/log/magento.cron.log
 * * * * * <path php> <path magento>/update/cron.php >> /home/hprasetyou/MyProjects/dd_update/var/log/update.cron.log
 * * * * * <path php> <path magento>/bin/magento setup:cron:run >> <path magento>/var/log/setup.cron.log

** Bisa jadi provider email juga tidak mendukung pengiriman sejumlah email sekaligus. Misalnya untuk beberapa provider hanya membatasi 50 email saja.

Leave a Reply

%d bloggers like this: