Menggunakan rest api woocommerce

Rest api merupakan salah satu cara komunikasi untuk antar aplikasi. Dengan menggunakan rest api woocommerce, kita bisa menggunakan data dari aplikasi toko online kita untuk digunakan di aplikasi lain. Misalnya anda ingin membuat aplikasi mobile untuk web toko online anda, atau membuat model headless wordpress, dsb, anda bisa meminta data melalui request ke rest api.

Membuat api key di woocommerce

Untuk mengaktifkan api key di woocommerce kita bisa menuju halaman settings di woocommerce -> advanced -> REST API.

Disana kita bisa mengelola api key yang sedang aktif atau menambahkan kalau belum ada.

pengaturan woocommerce rest api
generate api key
woocommerce rest api key didapat

Jangan lupa menyalin consumer key dan consumer secret yang sudah kita dapat di suatu tempat(note/dokumen). karena begitu kita pergi ke halaman lain kita tidak bisa menampilkan consumer key dan consumer secret kita lagi.

Tes api di postman

Anda bisa mengecek apakah rest api yang anda buat sudah dapat diakses melalui postman.

Untuk index dari rest api ini terdapat di <url-website>wp-json/wc/v3/. kita coba kirim request get ke url tersebut.

Alamat tersebut dapat diakses tanpa credential. Akan tetapi jika kita ingin mengakses data lain semisal data produk, kita harus memasukkan api key kita kedalam request.

Pada tab authorization, pilih type OAuth 1.0. lalu kita masukkan Consumer Key dan Consumer secret yang kita peroleh sebelumnya. Lalu klik Update Request.

masukkan consumer key dan consumer secret

Jika berhasil akan muncul data dari list produk kita.

memanggil list produk dari woocommerce api key

Untuk menggunakannya di dunia nyata, semisal di axios, kita bisa memanggil request seperti biasa. Hanya saja kita perlu menambahkan autentikasi oauth1.0 dan mengirimkan consumer key dan secret kita. Jadi kuncinya adalah anda harus mampu menggunakan rest server dengan oauth1.0.

Jika anda sudah berhasil, anda telah siap untuk menggunakan api dari aplikasi woocommerce anda. Kini anda dapat menggunakan data tersebut untuk membuat misalnya versi aplikasi mobile dari toko online anda. Atau jika anda bekerja sama dengan pihak ketiga untuk menampilkan produk anda di aplikasi/ web mereka juga bisa.

Untuk dokumentasi lengkap dari api woocommerce bisa anda lihat di dokumentasi resmi mereka

Terimakasih

Leave a Reply