Cara menginstall magento 2 dengan sample data

Magento adalah salah satu software e-commerce yang populer di gunakan oleh merchant di seluruh dunia. Fitur yang melimpah, dengan dukungan plugin dan themes yang sangat banyak menjadi salah satu faktor popularitas magento.

Untuk menginstall magento, tentu saja kita harus memiliki pengetahuan tentang php, web server, database (mysql).

Persiapan

Pastikan anda sudah menginstall web server(apache, nginx, dsb), php, dan mysql di mesin anda. Untuk magento terbaru (versi 2.3) setidaknya versi php minimum yang diperlukan adalah php versi 7.1.

Download magento

Anda dapat mendownload magento di https://magento.com/tech-resources/download. Ada beberapa pilihan untuk download, dengan sample data atau tanpa sample data. Jika anda ingin membuat store, pilih tanpa sample data. Tetapi jika anda ingin melakukan development themes atau plugin, atau melihat lihat fitur magento, tentu akan lebih enak kalau sudah ada sample data,. Akan tetapi sample data ini lumayan besar dan akan menambah sedikit waktu saat penginstalan. Jadi kita download sesuai kebutuhan.

Untuk mendownload magento anda harus memiliki akun di magento marketplace. Anda harus mendaftar jika belum memiliki akun.

Pilih versi

Instalasi

Unzip dan pindahkan direktori magento yang telah anda download ke direktori server anda (folder htdocs jika anda memakai xampp, atau /var/www/html di apache ubuntu). Atau anda bisa membuat v-host sendiri untuk aplikasi ini. Yang penting dapat diakses oleh web server.

Persiapan

Untuk menginstall magento kita bisa menggunakan cli atau dengan web installation. Cara paling mudah adalah dengan web installation, karena lebih interaktif.

Buka browser ke alamat magento kita, http://localhost/magento

Klik agree and setup

Halaman awal proses menginstall magento

Pada tahap pertama, magento akan mengecek apakah mesin kita memenuhi requirement yang dibutuhkan. Anda mungkin menemui kendala disini, terutama pada ektensi php. Pastikan dimesin anda sudah terinstall ekstensi yang diperlukan. Jika belum, anda dapat menginstall atau mengaktifkan ekstensi yang diperlukan lalu menjalankan ulang instalasi.

Untuk langkah berikutnya adalah informasi database, masukkan informasi database anda.

Lalu kita set konfigurasi base url dan admin url. Uuntuk admin url, saya ubah menjadi admin saja (tanpa karakter acak) untuk mempermudah mengingat.

Konfigurasi magento

Lalu next step informasi yang berkaitan dengan toko anda dan pembuatan akun admin. Anda juga dapat mengatur module apa saja yang diinstall disini.

Jika semua telah siap, klik install now. Proses ini mungkin cukup lama, bisa sampai setengah jam jadi kita tunggu saja sambil makan atau ngopi dulu.

Proses menginstall magento

Info mengenai toko kita akan ditampilkan begitu instalasi berhasil. Kita bisa langsung mengakses toko kita sesuai dengan url toko kita.

Proses berhasil menginstall magento

Jika instalasi anda dengan demo data. halaman homepage akan memiliki tampilan seperti ini.

Halaman store setelah kita berhasil menginstall magento

Detail produk juga langsung tersedia.

Halaman product detail setelah kita berhasil menginstall magento

One thought on “Cara menginstall magento 2 dengan sample data

Leave a Reply

%d bloggers like this: