Slim php: Menerapkan api key sederhana pada REST API menggunakan slim middleware

Slim php: Menerapkan api key sederhana pada REST API menggunakan slim middleware

Ini adalah lanjutan dari tutorial sebelumnya https://blog.hprasetyou.com/2018/05/29/membuat-simpel-rest-api-dengan-slim-microframework/ . Kali ini kita akan menambahkan autentikasi sederhana menggunakan api key.

Peringatan: Ini hanya contoh sederhana, jika ingin mengimplementasikan pada aplikasi sebenarnya, tentu butuh langkah tambahan

Jadi saat user membuat request, kita akan mengecek terlebih dahulu apakah user memiliki api key dalam requestnya atau tidak. Jika tidak maka sistem harusnya menolak request user.

Tabel consumer

Kita akan menyimpan data api key kita dalam tabel ini. tabel consumer

Lalu kita isi data tabel consumer, dengan kolom name= terserah aja, lalu pada kolom api_key kita isi dengan string acak, terserah juga, yang penting ada isinya. contoh:

Middleware

Slim memiliki suatu konsep middleware. Jadi ini adalah sekumpulan fungsi yang dijalankan sebelum kode kita dijalankan(maksudnya?) ya jadi istilahnya middleware ini nantinya akan mengapit kode kita. jadi saat kita membuat suatu request, sebelum kode kita dijalankan kita bisa menjalankan function lain seperti mengecek otentikasi, dll. Kira kira konsepnya seperti ini:

Middleware architecture

Oke jadi kita mulai menulis middleware kita. Oh iya, middleware itu ada beberapa cara penerapannya, ada app level juga ada middleware yang diterapkan pada action tertentu. Kita akan menggunakan yang application level middleware, yang akan dieksekusi pada setiap http request.

tambahkan header ApiKey pada saat request ke aplikasi kita, jika dia tidak memiliki apikey, atau apikey nya salah, maka respons yang didapat adalah 401.

https://github.com/hprasetyou/tutorial-slim-rest/tree/api_key_middleware

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *