Membuat custom module odoo 11.0 (part 1)

Membuat custom module odoo 11.0 (part 1)

Halo,

Dalam penerapan ERP di perusahaan, terkadang fungsional dasar dari addons odoo ternyata berbeda dari cara kerja perusahaan, atau kita ingin membuat proses bisnis atau fungsional khusus. kita bisa mengatasinya dengan menginstall module tambahan.

Kita bisa menggunakan perintah scaffold di odoo cli, dengan menggunakan scaffold. Kita akan dibuatkan kerangka untuk module yang kita buat, dari file manifest sampai struktur model dan controller. Tapi saya rasa lebih baik membuat file dan struktur satu persatu.

yang kita butuhkan pertama kali adalah file __manifest__.py, file ini berisi tentang informasi dari module kita,

Name merupakan nama dari module kita, version berisi tentang versi dari module kita, biasanya dengan format x.x.y.y dimana x.x merupakan versi odoo, dan y.y adalah versi modul.

Nah untuk depends ini berisi module apa saja yang dibutuhkan oleh module kita. Semisal kita ingin membuat modul, tapi modul kita membutuhkan data dari modul lain, kita harus menambahkan module tersebut di depends, odoo akan otomatis menginstall module yang di depends sebelum menginstall module kita.

Data berisi path ke file data yang dibutuhkan module ini, semisal path dari view, access controll, atau data seeder. demo seperti data, tapi hanya diload jika kita menilih pilihan load demo data pada saat awal kita membuat database. untuk lebih jelasnya bisa dilihat di https://www.odoo.com/documentation/11.0/reference/module.html

selain itu, kita juga butuh file __init__.py pada directory module kita, tapi kita biarkan kosong terlebih dahulu.

jadi kira kira struktur module kita seperti ini:

|-  direktori project (folder berisi kumpulan modul)
|–  custom module (folder module kita)
|—  __init__.py
|—  __manifest__.py

setelah itu kita bisa mencoba module baru kita. tambahkan path directori project anda pada addons-path pada odoo-bin cli saat anda menjalankan odoo server, misalkan, path direktori project saya adalah /home/hprasetyou/myproject/project-custom:

odoo/odoo-bin –addons-path=/home/hprasetyou/odoo/odoo/addons,/home/hprasetyou/odoo/addons,/home/hprasetyou/myproject/project-custom

lalu jalankan odoo di browser dalam mode development http://localhost:8069/web?debug,  buka tab apps => update app list, setelah itu anda bisa mencari module anda pada field search (jangan lupa hapus filter application pada searchbar)

kita bisa menginstall module ini, tapi tentunya module ini tidak akan melakukan apa apa karena memang hanya berisi informasi module, pada tutorial selanjutnya kita akan mencoba membuat custom module untuk mengotak atik module yang sudah ada.

Sekian

3 Replies to “Membuat custom module odoo 11.0 (part 1)”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *